Pengenalan dan Data Management dengan STATA (2011)

STATA merupakan program statistik dengan fungsi statistik dan ekonometrik yang relatif lengkap dibandingkan software statistik lainnya. Selain dapat digunakan untuk data yang panel dan Times Series, STATA mampu mengolah data dengan jumlah variabel yang cukup banyak atau dengan jumlah observasi yang besar, seperti data Sensus Penduduk, SUSENAS dan SAKERNAS. 

STATA juga mampu mengolah data yang membutuhkan tingkat akurasi tinggi, seperti analisis ekonometrik. Kelebihan STATA diluar kemampuan analisisnya adalah tersedianya online help untuk mencari keterangan tentang syntax yang dibutuhkan untuk sebuah analisis ekonometrik, oleh karena itu perintah (ado) di stata dapat menambah sesuai dengan penemuan perintah terbaru. Selain itu terdapat online update dimana akan diperoleh update fungsi-fungsi statistic dan ekonometrik yang terbaru atau yang sifatnya lebih advance (tanpa harus update software).


  • Software STATA kita buka dengan cara double click pada icon STATA di desktop computer.
  • STATA menampilkan empat window sekaligus yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda, antara lain : Review, Variables, Stata Result dan Stata Command.

Lebih lanjut dapat dilihat di Modul atau bahan materi  Basic Data Management dengan STATA (2011),


Dapat didownload  melalui:

Scribd:

Modul Basic Data Management dengan STATA (2011)




-as-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Linear Probability Model (LPM), Logit Model, dan Probit Model (Normit Model) dengan STATA (2011)

Random Effect Model (REM)

Ordinary Least Square (OLS) dengan STATA (2011)